Kategory :
Kata Kunci :

Kebijakan Dari BSA
(ditulis pada: 25 Okt 2007 oleh admin)

BSA atau Business Software Alliance, selama ini sering ditakuti oleh orang banyak, karena banyaknya razia yang terjadi oleh pihak kepolisian. Dan ujung-ujungnya adalah selalu duit.

Karena itu, dengan memberanikan diri, penulis mencoba menghubungi pihak BSA untuk bercerita mengenai hal itu dan sekaligus untuk meminta kebijakan BSA dalam hal pembelian software.

Dan diluar dugaan, Kepala BSA Indonesia langsung menghubungi kembali dan memberikan klarifikasi sebagai berikut:
1. BSA tidak pernah melakukan razia ke warnet-warnet atau perusahaan yang kecil.
2. BSA melakukan razia HANYA kepada perusahaan-perusahaan besar yang juga memiliki omzet besar dan harus ada persutujuan dari minimal 2 vendor, misalnya Microsoft dan Symantec.
3. BSA tidak pernah memaksa user menggunakan program-program yang sifatnya shareware, bukan freeware.

Dan satu point yang terpenting adalah BSA ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan software yang asli. Dan intinya adalah bagaimana niat kita untuk mau menggunakan software yang asli.

Dan ketika penulis mengajukan keluhannya, BSA memberikan respon yang sangat positif, bahwa TIDAK ADA MASALAH kalau kita ingin mencicil software itu. Tidak harus langsung semua asli. Bisa dengan mencicil, yang penting adalah kita ada niat baik. Dan BSA yang akan melindungi kita kalau ada polisi-polisi yang merazia kita dan mungkin juga menggunakan nama BSA untuk meminta sejumlah uang kepada kita. Kita bisa melaporkan polisi tersebut kepada pihak BSA.

Yang penting adalah nama perusahaan kita sudah tercatat di BSA bahwa kita sudah mau menggunakan software asli sesuai dengan budget yang kita punya.
Kalaupun tidak punya, gunakan alternatif yang gratis seperti openoffice untuk pengganti office dan juga banyak yang free yang bisa di cari di internet.

Dan gunakan HANYA software yang kita butuhkan. Banyak kali, kita menggunakan software yang tidak kita butuhkan. Mahalnya harga software bukan alasan mutlak untuk melakukan pembajakan. Coba bayangkan kalau itu terjadi pada diri kita sendiri.

Kesimpulannya adalah BSA mau membantu kita untuk itu dan BSA tidak se extrim yang selama ini banyak di bicarakan orang banyak.
Dan penulis banyak mendapatkan pelajaran dari informasi yang disampaikan oleh BSA dan mendapatkan bantuan bagaimana untuk mendapatkan software yang penulis butuhkan sesuai dengan budget dari penulis sendiri.

Artikel ini di buat, bukan atas rekayasa atau paksaan dan iming-iming apapun dari BSA. Tapi penulis menuliskan yang sesungguhnya dialami dengan pihak BSA. Penulis yang sebelumnya antipati dengan BSA, sekarang merasa bahwa BSA sebenarnya adalah teman, bukan teman yang memeras kita. Tapi justru teman yang mau mengerti dan membantu apa yang jadi keluhan kita mengenai software yang kita butuhkan.

Artikel lain pada kategori ini:
 

KATEGORI

- Artikel Umum
- Blogger
- Diskusi Forum
- Google Adsense
- Google Adwords
- SEO
- Software
- Web Design
- Web Hosting
- Web Programming

 
Beranda Paket Hosting Order Online Perjanjian Fasilitas Server Panduan Teknis Hubungi Kami Member Area Konfirmasi Pembayaran Artikel